Jumat, 28 Mei 2010

Pakistan demo karikatur Nabi Muhammad

(AFP)

LAHORE - Ribuan warga Pakistan bersiap untuk melakukan protes pada hari ini. Mereka geram dengan upaya pencitraan atas Nabi Muhammad oleh pihak barat, khususnya yang beberapa hari ini merebak di situs jejaring sosial Facebook.

Sebelumnya sebuah pemilik akun Facebook mengadakan kompetisi karikatur Nabi Muhammad, sebagai bentuk mempromosikan kebebesan berekspresi. Kompetisi yang diorganisir oleh seorang kartunis wanita Amerika Serikat (AS) ini, mengundang kecaman dari warga Pakistan yang dikenal konservatif. Seperti dikutip Associated Press.

Kemarahan Pakistan atas kompetisi ini menyebabkan pihak Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) memblokir akses Facebook, YouTube dan lebih dari 450 jaringan yang memiliki akses kepada akun milik organisator kompetisi itu.

Selain itu ribuan mahasiswa dan aktifis muslim sudah turun ke jalan di beberapa Kota Pakistan, guna mengecam kompetisi kontroversial tersebut. Protes ini diperkirakan akan berlangsung lebih besar lagi saat partai-partai di negeri Benazir Bhutto tersebut dijadwalkan untuk melakukan aksi serupa.

Protes diperkirakan akan berlangsung di Lahore, Karachi, Peshawar dan Rawalpindi.

Hukum Islam memang melarang keras pencitraan wajah Nabi Muhammad, karena dianggap sebagai sebuah tindakan yang mencoreng nama Islam.

Kontroversi serupa pernah merebak pada 2006 silam, saat sebuah suratkabar di Denmark menerbitkan karikatur yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai sosok teroris. Tak Pelak penerbitan karikatur tersebut menimbulkan kecaman yang pada akhirnya kerusuhan di Pakistan dan negara-negara Islam lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar